Cara Mengatasi “Verification Failed” di Android Samsung

Cara Mengatasi “Verification Failed” di Android Samsung

Cara Mengatasi “Verification Failed” di Android Samsung – Sebenarnya ini sudah menjadi salah satu masalah yang paling umum akan Anda hadapi pada saat merooting atau pun mengubah rom. Samsung sendiri pada dasarnya akan memeriksa tanda tangan dan banyaknya hal untuk perangkatnya, yakni apabila suatu masalah pada rom-nya maka hal tesebut akan memberikan Anda semacam kesalahan.

Ketika Anda mencoba melakukan root atau merubah stock rom pada smartphone Samsung, maka itu artinya Anda telah melanggar ketentuan Samsung. Sehingga yang demikian tersebut memberikan kesalahan verifikasi failed.

Kesalahan verifikasi pada smartphone Samsung ini akan meminta Anda untuk melakukan riset data. Kadang kalanya mengatur ulang data dapat memecahkan masalah, akan tetapi kadang juga tidak menyelesaikan masalah yang terjadi. Apabila Anda mengatur ulang perangkat tetapi ternyata tidak berhasil, maka Anda bisa ikuti langkah – langkah di bawah ini.

Cara Mengatasi “Verification Failed” di Smartphone Samsung

Langkah pertama

Cara mengatasi “verification failed” di smartphone Samsung yang pertama adalah dengan mendownload dan mengekstrak ROM Stok. SamMobile adalah salah satu yang paling direkomendasikan untuk Anda yang menggunakan smartphone Samsung. Atau, Anda juga bisa langsung menuju ke Pembaruan Samsung, Forum XDA, atau pun Google untuk temukan firmware yang cocok dengan perangkatmu.

Langkah kedua

Lalu pada langkah selanjutnya Anda bisa download Odin v3.10.7 secara langsung di SamMobile. Alternatif lain adalah AndroidMTK, yang juga tawarkan daftar terperinci versi Odin. Apabila sudah mendownloadnya, silakan ekstrak ke Dekstop atau pun lokasi lain yang Anda inginkan dan ingat.

Langkah ketiga

Apabila Anda sudah mengekstraknya, klik kanan untuk Open As Administrator. Boot smartphone Samsung Anda ke mode Unduh. Caranya mudah sekali, Anda bisa mengikuti langkah – langkah berikut ini.

  • Nonaktifkan smartphone Samsung yang Anda miliki.
  • Tekan dan tahan tombol Volume Turun, Tombol Home, dan Tombol Daya.
  • Ketika smartphone Anda bergetar, silakan lepaskan tombol Daya sembari menahan tombol Volume Turun + Tombol Beranda.
  • Tekan Tombol Volume Naik agar Anda bisa masuk ke mode Unduh.

Langkah keempat

Pada langkah berikut ini Anda harus menghubungkan smartphonemu ke PC. Pada bagian kiri bawah antarmuka Odin nanti akan menampilkan pesan yang mengatakan “Ditambahkan”. Selain itu Anda juga akan melihat ada kotak berwarna biru muda pada ID : Bagian Com yang mengatakan “COM : 3”, (Jumlahnya bergantung sekali pada port USB yang terpasang).

Langkah kelima

Klik pada opsi PDA atau AP dan pilihlah file tar.md5 yang sudah diekstrak pada langkah pertama, lalu pilih Mulai.

Langkah keenam

Pada saat proses flashing selesai, maka Anda akan melihat kotak berwarna hijau yang bertuliskan Reset atau Lulus. Nah, sekarang smartphone Samsung Anda harus di boot ulang dan Anda juga tak perlu khawatir lagi untuk melepaskan atau mencabut smartphone Anda.

Tetapi demikian, apabila ternyata langkah tersebut gagal maka Anda bisa melakukan pembaharuan perangkat luak driver smartphone Samsung Anda ke versi yang paling baru.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi “verification failed” di smartphone Samsung. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: teknodik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *