Cara Mengatasi Android Bootloop dan Matot

Cara Mengatasi Android Bootloop dan Matot

Tentu saja cara mengatasi Android bootloop dan matot (mati total) ini penting sekali untuk Anda ketahui. Alasannya sederhana saja, apabila Anda memang bisa memperbaikinya sendiri, tentu Anda bisa dengan cepat menyelamatkan data – data penting yang tersimpan di smartphone Android Anda tersebut, seperti video, foto, kontak, SMS, dan lain – lain.

Pada dasarnya secanggih atau pun seberapa mahalnya harga smartphone Android yang Anda miliki, tentu saja yang namanya smartphone merupakan barang elektronik yang cukup rentan sekali untuk rusak. Baik itu karena catat produksi, kelalaian penggunaannya, atau pun karena memang sudah dimakan oleh usia.

Apabila Anda mendapati smartphone Android yang tiba – tiba bootloop atau pun mati total, tak perlu panik! Sebab belum tentu smartphone Android Anda tersebut rusak, kadang kalanya Anda hanya harus melakukan beberapa langkah untuk menghidupkan kembali smartphone kesayanganmu tersebut.

Cara Mengatasi Android Bootloop dan Matot dengan Mudah

Mencoba cas smartphone Android Anda

Mungkin dikarenakan ada banyaknya bugs atau pun aplikasi yang berjalan di latar belakang membuat Anda tidak sadar smartphonemu kehabisan daya. Mungkin sebelum tidur baterai smartphone Anda masih tersisa sekitar 10% – 15%, tetapi ternyata pada saat bangun di pagi harinya Anda sudah mendapati smartphonemu mati dan tidak mau menyala saat dihidupkan.

Makanya Anda perlu cas smartphone Android Anda tersebut, biarkan selama beberapa waktu sampai baterai smartphone Anda terisi hingga sekitar 15 menit. Baru kemudian Anda bisa mencoba menyalakan kembali smartphonemu. Tetapi jika yang ada ternyata cara mengatasi Android bootloop dan matot ini tidak berhasil, maka Anda bisa mecoba tips yang berikutnya.

Melepaskan baterai

Kadang kalanya masalah yang terjadi sedikit serius daripada baterai smartphone yang lowbat. Misalnya saja smartphone Android Anda terjebak dalam proses booting atau pun bisa pula karena bootloop. Caranya mudah sekali, yakni Anda hanya perlu melepaskan baterai smartphone Anda. Khususnya untuk baterai yang dibuat menyatu dengan body, biasanya produsen sediakan sebuah tombol khusus.

Anda bisa menekan tombol Power agak lama, yakni 20 detik – 30 detik saja untuk memaksa mematikan daya smartphone Anda. Dengan cara ini maka Anda akan memotong satu – satunya sumber daya smartphone.

Layar smartphone hitam

Banyak sekali orang yang memiliki kebiasaan mengantongi smartphone di saku celananya yang sempit atau pun dibawa tidur. Anda pastinya tidak tahu pas tidur bisa saja smartphone Anda tertekan oleh tubuh Anda. Sehingga pada saat bangun Anda sudah menemukan smartphonemu dalam keadaan mati atau brick, tetapi ketika ditekan tombol Power bergetar namun layar smartphone hanya gelap. Itu berarti layar pada smartphone Anda sedang bermasalah dan harus dibayar ke tukang servis.

Factory reset

Apabila smartphone Android Anda kadang kalanya menyala, tetapi kadang juga terjebak dalam msalah bootloop atau matot. Mungkin saja masalah satu ini ada pada perangkat lunak, hal tersebut bisa saja terjadi setelah Anda lakukan upgrade Android ke versi terbaru atau pun menggunakan custom ROM serta melakukan beberapa tweak sistem. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa melakukan factory reset lewat recovery mode.

Ini akan menghapus dan membersihkan semua data yang tersimpan di smartphonemu. Namun sebelum melakukan hal tersebut, Anda disarankan untuk melakukan backup terlebih dulu. Untuk melakukan factory reset mudah sekali, Anda harus mematikan smartphone dan menyalakan kembali menggunakan kombinasi volume atas + volume bawah + tombol power.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang cara mengatasi Android bootloop dan matot dengan mudah. Semoga bermanfaat.

You May Also Like

About the Author: teknodik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *