Warning: include_once(/home/cepcdylt/teknodik.net/wp-content/themes/revenue-pro/inc/themeson.core.php): failed to open stream: No such file or directory in /home/cepcdylt/teknodik.net/wp-content/themes/revenue-pro/functions.php on line 267

Warning: include_once(): Failed opening '/home/cepcdylt/teknodik.net/wp-content/themes/revenue-pro/inc/themeson.core.php' for inclusion (include_path='.:/opt/alt/php72/usr/share/pear') in /home/cepcdylt/teknodik.net/wp-content/themes/revenue-pro/functions.php on line 267
Cara Cek Bi Checking di Android Secara Online Teknodik.net

Cara Cek Bi Checking di Android Secara Online

Cara Cek Bi Checking

Cara Cek Bi Checking – Setiap pengajuan pinjaman ke layanan keuangan misalnya ke perbankan, selalu melihat BI Checking dari calon debitur. BI Cheking sendiri merupakan penentu kelayakan calon debitur. Dalam pengertiannya BI Cheking yaitu Informasi Debitur Individual (IDI) Historis yang mencatat seluruh proses kredit Anda sebelumnya, apakah lancar atau tidak pelunasan kredit yang Anda lakukan terhadap tempat meminjam Anda sebelumnya.

Untuk Anda yang memiliki status lancar, maka akan mudah alam proses pengajuan selanjutnya. Namun jika ternyata proses pengajuan Anda di tolak, hal ini bisa jadi karena pinjaman Anda sebelumnya tercatat menunggak, dan dalam catatan di BI Cheking nama Anda akan dihitamkan. Proses menunggak yang tidak diijinkan untuk melakukan pinjaman biasanya sudah lebih dari 90 hari. Untuk lebih jelasnya simak artikel Cara Cek Bi Checking di Android ini sampai selesai.

Syarat dan Ketentuan Melakukan BI Checking

Proses BI Cheking ini sangat penting dilakukan oleh pihak layanan keuangan yang akan meminjamkan uang kepada calon nasabah. Hal ini berguna untuk mengetahui krdibilitas calon debitur dalam pelunasan pembayaran pinjaman. Jika calon debitur selalu lancar dalam proses pelunasan, maka kemungkinan besar pinjaman diberikan lebih besar.

Supaya lebih jelas berikut pembagian skor kredit yang ada:

  • Skor 1    : Kredit Lancar, artinya debitur selalu memenuhi kewajibannya untuk membayar cicilan setiap bulan beserta bunganya hingga lunas tanpa pernah menunggak.
  • Skor 2    : Kredit DPK atau Kredit dalam Perhatian Khusus, artinya debitur tercatat menunggak cicilan kredit 1-90 hari.
  • Skor 3    : Kredit Tidak Lancar, yang artinya debitur tercatat menunggak pelunasan cicilan kredit selama 91-120 hari.
  • Skor 4    : Kredit Diragukan, yang artinya debitur tercatat menunggak pelunasan cicilan kredit 121-180 hari.
  • Skor 5    : Kredit Macet, yang artinya debitur tercatat menunggak pelunasan cicilan kredit lebih 180 hari.

Bank menolak pengajuan krdit calon debitur jika memiliki skor 3,4 dan 5, hal ini karena pihak layanan keuangan tidak ingin mengambil resiko dengan nasabah yang sering menunggak kredit.

Selanjutnya adalah cara cek BI Cheking di Android, karena saat ini proses cek BI Cheking yang dulunya bisa diakses melalui website Bank Indonesia sudah tidak bisa lagi dilakukan, hal ini karena sudah berpindah tangan dari Bank Indonesia ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Cara Cek Bi Checking di Android

Nah lalu bagimana cara cek BI Cheking di OJK? Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk bisa melihat BI Cheking:

  • Anda bisa melakukan permintaan untuk mengetahui status BI Cheking Anda melalui lembaga keuangan dimana Anda mengajukan kredit, tetapi dengan syarat lembaga keuangan tersebut harus anggota Biro Informasi Kredit.
  • Mengirim permintaan untuk melihat BI Cheking secara online. Hal yang pertama harus Anda lakukan adalah buka website ojk.go.id, pilih kolom “perbankan, lalu “permintaan IDI historis”. Selanjutnya klik “mengisi formulir yang disediakan”, silahkan Anda mengisi formulir yang sudah disediakan. Jika sudah, klik “kirim”. Silahkan tunggu prose pengiriman BI Cheking yang biasanya dikirim melalui e-mail.

Tetapi Cara Cek Bi Checking di Android secara online ini sangat lama, karena di website Otoritas Jasa Keuangan sendiri sudah diluncurkan Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK) yang bisa Anda ajukan langsung ke kantor OJK terdekat dari tempat tinggal Anda. Untuk itu jika Anda ingin proses yang cepat, silahkan Anda datang ke kantor OJK ataupun kantor cabang terdekat dari rumah Anda

You May Also Like

About the Author: Teknodik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *